Followers

Wednesday, 17 April 2013

Rumus dan Funsi pada Microsoft Access

Rumus dan Funsi pada Microsoft Access

Assalamulaikum Wr, Wb
Sebelum memahami Tutorial ini alangkah baiknya kita mempersiapkan software yang akan digunakan dalam praktek atau latihannya :
Software yang digunakan :
1.Microsoft Access
Microsoft Access ini terdapat pada paket software Microsoft Office 2003/Xp/2000
Adapun Rumus dan fungsi yang sering digunakan dalam pemakaian program aplikasi dasar dari Database ini adalah sebagai berikut :
1. IIF
2. LEFT
3. RIGHT
4. MID
Dalam kesempatan ini saya hanya membahas 4 rumus saja. yang pertama adalah rumus yang sering disebut dengan rumus logika.Rumus ini sering digunakan oleh programmer, yang merupakan basic dari logika dari seorang programmer.Adapun cara penulisannya sebagai berikut :
<nama field>:IIf([nama field sebagai kunci]/[kondisi],<hasil benar/kondisi benar>,<hasil salah/kondisi salah>)
contoh dari penulisan IIf ini sebagai berikut :
keterangan:IIF([harga]>=10000,”Dapat Diskon”,”Tidak Dapat Diskon”)
Pertanyaan yang dapat ditanyakan dalam contoh ini adalah Apa yang dimaksud dari penulisan yang diikuti kutip dua diatas (” …..”) ???
Jawabanya : Karena Tipe dari kondisi benar atau salah diatas adalah berbentuk string/ berupa text. Lain halnya dengan angka yang hanya ditulis tanpa (“) karena berbentuk numeric.
Sedangkan tiga rumus yang lain adalah modifikasi dari IIF dengan meletakan pada kondisi dari metode penulisan di atas. adapun contoh penulisannya sebagai berikut :
LEFT:
<nama field>:IIf(LEFT([nama field sebagai kunci]/[kondisi],<karakter ke dari kiri>),<hasil benar/kondisi benar>,<hasil salah/kondisi salah>)
MID :
<nama field>:IIf(MID([nama field sebagai kunci]/[kondisi],<karakter awal>,karakter akhir>),<hasil benar/kondisi benar>,<hasil salah/kondisi salah>)
RIGHT :
<nama field>:IIf(RIGHT([nama field sebagai kunci]/[kondisi],<karakter ke dari kanan>),<hasil benar/kondisi benar>,<hasil salah/kondisi salah>)

TRANSLATE

Radio Music Player Free Online