Followers

Monday 25 March 2013

kisi algoritma uas 2012


Best Case
Keadaan yang tercapai jika elemen pada himpunan A disusun secara increasing(menaik). Dengan perbandingan waktu n-1 kali satuan operasi.

Contoh :
Terdapat himp.A yang berisi 4 buah bilangan telah disusun secara increasing A=2,4,5,10.Dengan A(1)= 2,A(2)=$,A(3)=5,A(4)=10.Tentukan / cari bilangan MAX & MIN serta jumlah operasi jumlah operasi perbandingan yang dilakukan.

Penyelesaianya:

Untuk masalah tersebut dapat digunakn procedure STRAITMAXMIN yang menghasilkan bilangan Min = 2 bilangan Max = 10, Operasi perbandingan mencari bilangn Maxmin dari himpunan tersebut= 3 kali operasi.

Worst Case

Terjadi jika elemen dalam himpunan disusun secara decreasing (menurun).Dengan Operasi perbandingan sebanyak 2(n-1)kali satuan operasi.

Contoh:
Mencari elemen MaxMin & jumlah operasi perbandingan yang dilakukan terhadap himpunan A yang disusun decreasing.
A ={80,21,6,-10}.

Penyelesaiannya:

Untuk masalah tersebut dengan proses STRAITMAXMIN adalah elemen max=80 & elemen min= -10, operasi perbandingan untuk elemen Maxmin tersebut adalah 2(4-1)=6 kali satuan operasi.

Average Case

Jika pencarian elemen MaxMin dilakukan pada elemen dalam himpunan yang tersusun secara acak (tidak decreasing / tidak increasing).
Jumlah operasi.Perbandingan yang dilakukan adalah rata-rata wakytu tempuh best case & worst case yaitu 1/2[(n-1)+2(n-1)]=(3 n/2-1) kali.

Contoh:
Pada himpunan A yang berisi {5,-4,9,7}dilakukan pencarian elemen max &min denagn menggunakan proses STRIATMAXMIN.
Tipe Data Sederhana
Tipe data sederhana adalah tipe data yang tidak diturunkan dari tipe data lain. Sering kali tipe data sederhana disebut juga tipe data primitif. Adapun yang termasuk dalam tipe data sederhana adalah tipe data numerik dan boolean.
Tipe data Numerik
Tipe data Numerik digunakan untuk mendeklarasikan variable (identifier) untuk operasi berbasis numerik. Tipe data numerik ada 2 Jenis yaitu integer dan floating point
Tipe data integer ada 5 yaitu
1.      byte
2.      short
3.      int
4.      long
5.      char



Tipe data Floating-Point
Sedangkan tipe data floating point ada 2 yaitu
1.      float
2.      double
Tipe Data Komposit
Tipe data komposit disusun dari tipe data sederhana atau tipe data komposit lain yang sudah ada. Tipe data komposit terdiri dari
1.      String
String di Java direpresentasikan dengan class, bukan array yang berisi karakter (array of character). Kelas string dalam Java dikelompokkan menjadi dua, yait String(konstan atau statis, immutable) dan stringBuffer (dapat diubah atau dinamis, mutable) . Klik disini untuk pembahasan string lebih lanjut
2.      Class
3.      Array
Array adalah bentukan yang menyediakan penyimpanan untuk sejumlah item atau data individu dengan tipe data yang sama. Item-item array dapat berupa data sederhana maupun komposit. Dalam Java array bisa teridiri dari satu dimensi dan multi dimensi. Klik disini untuk pembahasan array lebih lanjut
4.      Interface
Interface adalah prototipe untuk class dan berguna ditinjau dari perspektif rancangan logik. Interface mirip dengan class abstrak, sehingga interface merupakan class abstrak yang sepenuhnya tidak diimplementasikan. Artinya tidak ada method di class tersebut yang telah diimplementasikan. Data anggota interface dapat dipastikan variable final static yang berarti konstanta murni.
Ingerface berisi kumpulan nama method tanpa implementasi aktual. Interface ini menandai kelas mempunyai sekumpulan perilaku sebagai tambahan perilaku yang diterima dari superkelasnya (superclass)

1.       Usaha mengurutkan kumpulan data dalam array disebut ? = Sorting
2. Usaha Pencarian data dalam kumpulan data disebut ? = Searching
3. Pencarian data dengan meneliti data satu per satu dari awal ? = Linear Search
4. Teknik Sort yang bekerja dengan teknik gelembung disebut ? = Bubble Sort
5. Proses pencarian data pada data urut lebih efektif jika menggunakan teknik search ? = Binary Search
6. Himpunan yang disusun secara menaik / increasing akan mengalami keaadaan time complexity yang disebu ? = Best Case
7. Himpunan yang disusun secara acak akan mengalami keadaan time complexity yang disebut ? = Average Case
8. Himpunan yang disusun secara menurun / decreasing akan mengalami keadaan time complexity yang disebut ? = Worst Case
9. Pembagian waktu pada average case / data tak tersusun disebut ? = 3n/2-1
10. Metode yang biasa digunakan untuk melakukan sorting yaitu ? = Selection Sort, Quick Sort, Merge Sort, Bubble Sort
11. Kriteria Array dua dimensi yaitu ? = memiliki baris dan kolom
12. Teknik yang sering digunakan dalam metode search ? = Linear Search dan Binary Search
13. Knapshack Problem dapat diselesaikan dengan cara ?
= Matematika
= Kriteria Greedy
= Algoritma Pemrograman Greedy

14. Arti dari suatu simpul yang tidak dihubungkan dengan suatu ruas apapun dalam menentukan suatu pola lalu lintas dengan jumlah fase minimal adalah ? = Simpul tersebut selalu berlaku lampu hijau.
15. Dalam masalah pewarnaan warna yang dipergunakan sebaiknya ? = Seminimal mungkin
16. Graph yang dihasilkan dalam masalah traveling salesman adalah ? = Graph Tertutup
17. Fungsi Utama / tujuan dalam masalah knapshack adalah ? = Maximum pixi
18. Problem pemberian warna pada semua simpul sehingga 2 simpul yang berdampingan (ada ruas yang menghubungkan kedua simpul tersebut) mempunyai warna yang berbeda disebut ? = Coloring
19. Apa yang disebut dengan Quick Sort ? = yaitu Sorting dengan iterasi secara terurut dari posisi element 1 ke element 2 dan seterusnya
20. Apa yang disebut dengan Bubble Sort ? = yaitu Teknik Sort yang bekerja dengan menggunakan prinsip gelembung udara yang akan bergerak naik keatas secara satu persatu
21. Apa yang dimaksud dengan Selection Sort ? = Tenik sort dengan cara pemilihan element atau proses kerja dengan memilih element data terkecil untuk kemudian dibandingkan dan ditukarkan dengan element pada data awal dan seterusnya sampai dengan seluruh element sehingga akan menghasilkan pola data yang telah disort
22. Pemberian warna yang sama pada coloring terjadi apabila ? = Simpul tidak berdampingan
23. Pemberian warna yang tidak sama pada coloring terjadi apabila ? = Simpul berdampingan
24. Permasalahan bagaimana mengoptimalisasi storage / memory dalam computer agar data yang disimpan dapat termuat dengan optimal disebut ? = Optimal storage on tapes problem
25. Algoritma yang digunakan untuk mencari ruas terpendek yang menghubungkan setiap simpul dalam graph adalah ? = Shortest Path Problem
26. ALgoritma untuk mencari waktu tempuh perjalanan terpendek dan kembali ke simpul awal adalah ? = Traveling Sallesman
27. Kriteria Knapshack Problem adalah ?
= minimum weight (berat terkecil) = wi
= maximum profit (profit terbesar) = pi
= maximal profit/weight = pi/wi
28. Ciri – cirri graph minimum spanning tree adalah ?
a. Setiap ruas graph tidak saling berhubungan
b. Setiap ruas memiliki nilai
c. Setiap ruas tidak memiliki arah
29. Pencarian max dan min akan mendapatkan best case jika data yang diurutkan ? = secara increasing / urut menaik
30. Dalam pencarian binary (bagi dua) dengan data terurut ascending ,algoritma yang benar adalah ?
= jika x= jika x>a[mid] maka low = mid+1
= jika a[mid]31. Fungsi tujuan Knapshack Problem adalah ? = untuk mendapatkan solusi yang optimal dengan mencari profit yang maximal

32. Greedy By Densitas adalah ? = Pilih barang dengan perbandingan nilai dan berat yaitu pi/wi terbesar
33. Salah satu contoh penerapan coloring graph adalah ? = menentukan pola lalu lintas dengan fase minimal
34. Teknik pencarian yang hanya bisa melakukan proses pencarian apabila datanya urut adalah ? = Binary Search
35. Jumlah perbandingan yang dilakukan untuk worst case adalah ? = 2(n-1)
3
6. Hal yang mempengaruhi kecepatan algoritma sort adalah ? = jumlah operasi
37. Nilai middle adalah ? = (low + high)div2
38. Graph yang dihasilkan minimum spanning tree adalah ? = graph tertutup
39. Diket Data : 2 22 10 15 3 8
Jika menggunakan Bubble sort maka iterasi ke 2 keadaan data menjadi ?
= 2 3 22 10 15 8
40. Diket data : 5 3 4 2 1
Jika menggunakan insertion sort maka iterasi ke 3 adalah ?

= 3 4 5 2 1


PERTEMUAN 9

Soal Logika dan Algoritma Semester I B
1. Kumpulan elemen-elemen yang terurut dan memiliki tipe data yang sama disebut :
a. Rekursif >c.Array e. Direktori
b. Record d. File

2. int nilai [6];
Variabel nilai dalam statment diatas merupakan :
a. Tipe data c. Jumlah baris e. Jesnis Data
>b. Nama Array d. Jenis Array

3. Sebuah matriks dideklarasikan sebagai berikut:
int nilai [3][4];
Jumlah elemen dari matriks tersebut adalah:
a. 7 c. 3 e. 8
b. 4 >d. 12


4. Pada array dua dimensi dengan ordo 4 x 4, dengan kondisi A[i,j]=1, jika i<=j, A[i,j]=j, jika i>j dari pernyataan diatas nilai dari A[3,2] adalah :
a. 1 > c. 3 e. 6
b.2 d. 4

5. Dibawah ini merupakan hal-hal yang harus dikemukakan dalam mendeklarasikan suatu bentuk array, kecuali :
>a. Tipe array c. Ukuaran Array e. Ukuran Data
b. Tipe Data d. Nama Array

6. Tehnik dalam memilih dan menyeleksi sebuah elemen dari beberapa elemen yang ada disebut :
> a. Searching c. Devide
b. Sorting d. Conquer

7. Algoritma pencarian elemen Maximal dan Miumimal dengan Linier / Squential Search disebut :
>a. Strait MaxMin c. D and C
b. Binary Search d. Knapsack

8. Bila Terdapat deret data atau angka sebanyak 950 buah dan kita akan melakukan pencarian data pada deret tersebut dengan teknik linier search, maka akan membutuhkan waktu maksimal :
a. 400 kali c. 470 kali
>b. 95 kali d. 950 kali

9. Pencarian data dengan meneliti data satu persatu dari posisi awal dikenal dengan istilah :
a. Binary Searching >c. Sequential Searching
b. Randon Searching d. Binari Searching

10. Teknik yang digunakan untuk mencari suatu data pada himpunan data yang tersusun secara urut dengan cara membagi urutan himpunan menjadi 2 bagian adalah :
a. Sequential Search >c. Binary Search
b. Fibonacci Search d. D and C Search

11. Hal yang mempengaruhi kecepatan algoritma sort adalah :
>a. Jumlah operasi perbandingan dan jumlah operasi pemindahan data.
b. Jumlah operasi pembagian dan jumlah operasi pemindahan data.
c. Jumlah operasi perhitungan.
d. Jumlah operator

12. Teknik Devide dan Conquer digunakan dalam memecahkan masalah antara lain :
a. Array c. Matrix
b. MaxMin >d. Sorting dan Searching

13. Membagi n input menjadi k subset input yang berbeda (1<k≤n). dari="" k="" subset="" yang="" berada="" akan="" terdapat="" subproblem="" dan="" setiap="" mempunyai="" solusinya="" masing-masing.="" hali="" ini="" merupakan="" prinsip="" dasar="" :
>a. D and C c. Sorting
b. Searching d. Rekursif

14. Usaha untuk mengurutkan kumpulan-kumpulan data dalam suatu array disebut :
a. Searching c. Devide
>b. Sorting d. Conquer

15. Berikut ini adalah metode yang digunakan pada teknik sorting , kecuali :
a. Bubble >c. Fibonacci
b. Heap d. Insertion

16. Metode Greedy dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dibawah ini, kucuali :
a. Knapsack Problem >c. Faktorial
b. Shortest Path Problem d. Minimum Spanning Tree

17. Permasalahan bagaimana mengoptimalisasi storage / memory dalam computer agar data yang disimpan dapat termuat dengan optimal merupakan permasalahan dari :
a. Knapsack Problem c. Minimum Spanning Tree
b. Sortes Path Problem >d. Optimal On Tape Storage

18. Misal terdapat 3 buah program (n=5) yang masing-masing mempunyai panjang program (l1, l2,l3,l4,l5)=(15,8,10,23,9). Tentukan urutan penyimpanannya :
a. l4,l1,l3,l5,l2 c. l2,l4,l3,l1,l5
>b. l2,l5,l3,l1,l4 d. l4,l1,l2,l5,l1

19. Penyelesaian knapsack dengan konsep dibawah ini, kecuali :
a. Pilih objek dengan nilai Pi maximal c. Pilih objek dengan PiWi maximal
b. Pilih objek dengan berat Wi minimal >d. Pilioh objek dengan berat Wi maximal

20. Dalam kasus menentukan objek yang akan dimuat dalam suatu kantong masing-masing obejek dari n objek tersebut harus mempunyai :
>a. Berat dan Profit c. Profit dan Panjang
b. Berat dan Panjang d. Panjang dan LebarMenghitung.

21. Menghitung jarak satu persatu sesuai dengan arah dan graph yang ditunjuk oleh tiap-tiap ruas / edge dan dilakukan terhadap ruas dari graph yang memiliki jalur awal dan jalur akhir adalah proses untuk mendapatkan solusi optimal dari permasalahan :
a. Knapsack c. Knapsack Problem
b. Shortest Path Problem >d. Minimum Spanning Tree

22. Short Path Problem digunakan untuk mencari :
a. Terpanjang c. Terlama
>b. Terpendek d. T erdepan

23. Penyelesaian kasus knapsack problem, yang paling optimal efektif dan efisien adalah dengan cara :
a. Matematika c. Kriteria Greedy
>b. Algoritma Greedy d. Pemrograman Greedy

24. Graph yang nantinya dihasilkan dalam masalah TRAVELINGSALESMAN adalah :
a. Graph Terbuka c. Graph semi ter tutup
b. Graph Sederhana >d. Graph Tertutup

25. Fungsi utama / tujuan dari masalah Knapsack adalah :
>a. Maksimum ∑PiXi c. Minimum ∑PiWi
b. Maksimum ∑PiWi d. Minimum ∑PiWi

26. Arti dari simpul yang tidak dihubungkan dengan suatu ruas apapun dalam menentukan pola lalu lintas dengan jumlah fase minimal adalah :
a. Simpul tersebut selalu berlaku lampu merah
b. Simpul tersebut selalu berlaku lampu merah/hijau
c. Simpul tersebut selalu berlaku lampu kuning
>d. Simpul tersebut selalu berlaku lampu hijau
e. Simpul tersebut selalu berlaku lampu hijau / kuning

27. Dalam masalah pewarnaan, banyaknya warna yang dipergunakan sebaiknya :
>a. Seminimal mungkin c. Semaksimal mungkin e. Tidak ada
b. Seoptimal mungkin d. Tidak ditentukan

28. Dalam masalah pewarnaan, warna yang sama akan diberikan bila :
> a. Simpul tidak berdampingan c. Simpul tidak terhubung oleh ruas e. Simpul tidak beruas
b. Simpul berdampingan d. Simpul terhubung oleh ruas

29. Dalam masalah pewarnaan, warna yang berbeda akan diberikan bila :
a. Simpul tidak berdampingan c. Simpul tidak terhubung oleh ruas e. Simpul tidak beruas
> b. Simpul berdampingan d. Simpul terhubung oleh ruas

30. Untuk menentukan pola lalulintas dengan jumlah Fase Minimal merupakan contoh kasus dari problem :
a. Minimum Spanning Tree .>c. Colloring
b. Sort Path Problem d. Traveling Salesman

sola dan latihan logika algoritma 2
08:56 | Diposkan oleh homeland321 | | Edit Entri



1. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut:
a. Proses
b. Program
c. Prosesor
*d. Algoritma
e. Logika

2. Suatu prosedure yang hanya akan berhenti jika mempunyai atau menghasilkan solusi sedangkan tidak menghasilkan solusi maka prosedur tersebut akan berjalan tanpa henti disebut:
a. Programming language
b. Algoritma
*c. Semi algoritma
d. Procedure
e. function

3. Diberikan P=6, Q=7, R=8 dan diberikan instruksi P=Q;Q=R maka nilai P, Q dan R saat ini adalah
a. 6,7,8
b. 7,8,6
c. 8,6,7
d. 7,8,7
*e. 7,8,8

4. Struktur percabangan yang tidak menggunakan syarat menggunakan perintah
*a. goto
b. if…then
c. select…case
d.while
e. if …then…else

5. Rekursif adalah
a. suatu prosedur yang dipanggil
b. suatu proses yang memanggil prosedur lainnya
*c. suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri.
d. Suatu prosedur looping.
e. suatu prosedur yang dipanggil dari prosedur lainnya.

6. Penjadwalan kuliah dapat diselesaikan dengan cara
*a. colouring
b. minimum spanning tree
c. knapsack problem
d.short path problem
e. travelling salesman

7. Algoritma yang digunakan untuk mencari ruas terpendek untuk menghubungkan setiap simpul dalam graph?
a. coloring
b. minimum spanning tree
c. Travelling salesman
*d. short path problem
e. knapsack problem

8. Algoritma untuk mencari waktu tempuh perjalanan terpendek dan kembali ke simpul awal:
*a. Travelling sallesman
b. minimum spanning tree
c. knapsack problem
d. short path problem
e. colouring

9. ciri-ciri graph dalam minimum spanning tree, kecuali
*a. graph tidak boleh tertutup
b. graph boleh tertutup
c. setiap ruas graph memiliki nilai
d. setiap ruas pada graph tidak memiliki arah.
e. setiap simpul terhubung oleh ruas

10. Perhatikan gambar berikut, berapakah jarak/ruas paling minimum untuk menghubungkan semua simpul pada graph. (gunakan minimum spanning tree)
a. 26


*b. 23
c. 30
d. 18
e. 24






11. Berikut ini kriteria Knapsack problem adalah
*a. minimum weight
b. maximum weight
c. minimum profit
d. minimum profit/weight
e. zero profit

12. Pencarian max dan min akan mendapatkan best case jika data yang di urutkan.
*a. urut naik
b. urut turun
c. data acak
d. data urut naik dan turun
e. data diawal harus lebih besar dari data terakhir


13. Dalam pencarian biner (bagi dua) dengan data terurut ascending. Berikut ini algoritma yang benar, kecuali :
a. jika X < A[mid] maka high = mid-1 b. jika X > A[mid] maka low = mid+1
*c. jika X > A[mid] maka high = mid+1
d. jika A[mid] < X ,maka low = mid+1 e. jika X > A[high] maka pencarian gagal

14. Diketahui data: 2 22 10 15 3 8
jika dikerjakan dengan Bubble Sort, maka iterasi ke 2 keadaan data menjadi:
a. 2 22 10 15 3 8
b. 2 3 22 10 15 8
c. 2 3 8 10 15 22
*d. 2 3 8 22 10 15
e. 2 3 8 15 10 22

15. Di ketahui data sebagai berikut:
5 3 4 2 1
dengan insertion sort, hasil iterasi ke 3 adalah:
a. 3 5 4 2 1
*b. 2 3 4 5 1
c. 3 4 5 2 1
d. 1 2 3 4 5
e. 3 4 5 1 2

16. Berapa banyak operasi perbadingan pada kondisi worst case pada proses STARITMAXMIN
*a. 2(n-1)
b.2n-1
c.n-1
d.3n/2 - 1
e.3/2n -1


17. Prinsip kerja bubble sort adalah sebagai berikut, kecuali
a. Pengecekan dimulai dari data ke 1 sampai data ke n
b. Membandingkan data ke-n dengan data sebelumnya (n-1)
c. Data dipindahkan bila bilangan yang dibandingkan lebih kecil dengan angka didepannya.
d. data tidak dipindahkan bila bilangan yang dibandingkan lebih kecil dengan angka didepannya.
*e. data tidak dipindahkan bila bilangan yang dibandingkan lebih besar dengan angka didepannya.

18. Prinsip kerja ascendingn quick sort adalah sebagai berikut, kecuali
a. menentukan lower bound
b. menentukan upper bound
c. tukarkan nilai lower bound bila lebih besar dari nilai upper bound
*d. tukarkan nilai lower bound bila lebih kecil dari nilai upper bound
e. jika lower bound lebih kecil sama dengan dari upper bound maka tidak ditukar.

19. Kumpulan Elemen – Elemen yang terurut dan memiliki tipe data yang sama disebut:
a. Rekursif           d. File
b. Record             e. Direktori
*c. Array

20. Pada Array 2 Dimensi dengan Ordo 4x4, dengan kondidsi A[I,J] = I , Jika I <= J, A[I,J] = J, Jika I>J Dari pernyataan diatas nilai dari A[2,2] adalah :
a. 1         d. 4
*b. 2      e.6
c. 3

21. Ada berapa simpul yang harus dibuat bila diselesaikan dengan colouring
a. 4         *d. 12
b. 8         e. 16
c. 10

22. Ada berapa simpul yang tidak dihubungkan dengan ruas
a. 1         *d. 4
b. 2         e.6
c. 3

23. Ada berapa ruas yang keluar dari tiap simpul
a. 1         *d. 4
b. 2         e. 5
c. 3

24. Bila fase perjalanan AC hijau maka perjalanan yang akan hijau adalah
a. DB,BD,CB,BA                 d. DB,BD,CB,BC
b. DA,AB,CD,BA                 e. DB,BD,CA,CD
*c. DA,AB,CD,BC



25. Ada berapa fase yang terbentuk untuk menyelesaikan permasalahan tersebut
a. 3         d. 6
*b. 4      e. 7
c. 5

26. Arti simpul yang dihubungkan ruas adalah
*a. Perjalanan saling melintas
b. Perjalanan tidak saling melintas
c. Perjalanan berdampingan
d. Perjalanan tidak berdampingan
e. Perjalanan tidak melewati persimpangan

27. Syarat pemberian warna pada colouring adalah
a. simpul yang berdampingan diberi warna yang sama.
*b. simpul yang berdampingan diberi warna berbeda .
c. simpul yang tidak dihubungkan ruas diberi warna.
d. Simpul yang tidak melintas diberi warna yang sama.
e. Simpul yang saling melintas diberi warna yang sama.

28. Sebuah matriks yang dideklarasika
int j [2] [4]
Jumlah elemen matriks tersebut adalah:
a. 2         *d. 8
b. 4         e.10
c. 6

29. Hal yang mempengaruhi kecepatan algoritma pengurutan data adalah
a. Jumlah data yang dimasukkan
*b. Jumlah operasi perbandingan
c. Jenis data yang dimasukkan
d. Bahasa program yang digunakan
e. Sistem operasi yang digunakan

30. Membagi n input menjadi k subset input yang berbeda ( 1 < k < n ) . Dari k subset yang berbeda akan terdapat k subproblem dan setiap subproblem mempunyai solusinya masing-masing . Hal ini merupakan prinsip dasar dari :
*a. D and C
b. Searching
c. Sorting
d. Rekursif
e. Branching

Kunci Jawaban

DCEACADAAB
AACDBAEDCB
DDDCBABDBA </k≤n).>

RUMUS AKUTANSIN

HPP (Harga Pokok Penjualan)
HPP = Persediaan barang dagang awal + Pembelian bersih - Persediaan barang dagang akhir
Rinciannya ---> persediaan barang dagang awal + pembelian + biaya angkut - retur pembelian - persediaan barang dagang akhir - potongan pembelian

Pembelian Bersih
pembelian + biaya angkut - retur pembelian - potongan pembelian

Persediaan Barang Dagang
HPP - barang yang tersedia untuk dijual

Barang yang Tersedia Untuk Dijual
persediaan barang dagang awal + pembelian + biaya angkut - retur pembelian

Laba Kotor
penjuala bersih - HPP

Laba Bersih 
laba kotor - beban beban + pendapatan bunga

Modal Akhir
modal akhir + laba - prive

Penjuala Bersih
penjuala - potongan penjualan - retur penjualan

Laba Bersih Sebelum Pajak
penjualan bersih - laba kotor

3/10 , n/30
Kode faktur diatas memiliki arti sebagai berikut :
Bila pembayaran dilakukan dalam waktu kurang dari/tepat 10 hari, maka akan memperoleh potongan sebesar 3%. Namun, bila pembayaran dilakukan lewat dari 10 hari, maka tidak akan mendapatkan potongan. Dan, faktur berlaku selama 30 hari.

TRANSLATE